Cara mendalami Android dan Internet

Selasa, 15 November 2016

Dasar Memodifikasi Aplikasi Android



Dasar memodifikasi aplikasi android, adalah topik yang saya angkat dalam postingan pertama blog CaraXda ini. Dalam hal ini CaraXda hanya akan memberikan tutorial tentang cara mod atau memodifikasi aplikasi android atau tampilan bawaan hp android langsung melalui hp, tanpa menggunakan PC.
Didalam belajar memodifikasi android kamu harus siap meluangkan waktu, pikiran, dan tenaga. Sebenarnya modifikasi android itu tidak terlalu sulit banget, ya masih diambang wajar lah, orang lain aja bisa masa kita gak bisa. Dulu saya pas belum tahu sama sekali juga bingung luar biasa, sampai pernah di kick dari grup moding terkemuka di fb dikarenakan posting pertanyaan yg terlalu mainstream dan juga terlihat newbie banget. Dalam mempelajari tutorial ini yang terpenting kita santai saja sambil ngopi atau nyedot susu, asal jangan nyedot susu tetangga, uppsss.

Baiklah sekarang langsung masuk ke intinya saja. Ini adalah panduan yang saya tahu di luar sana untuk theming. Itu adalah yang komprehensif, dan jika Anda menggunakannya, Anda harus memberikan banyak terima kasih kepada para pembuat itu.

Di dalam file apk terdapat beberapa file yaitu xml,dex,smalli,gambar,manifest,dan file lainnya. Untuk mengeditnya kita membutuhkan alat-alat dalam modif:

⚫ Apktool atau Apk Editor
Dua aplikasi ini adalah alat untuk membongkar file apk. Apk Editor kemungkinan akan menjadi yang terbaik bagi pemula karena UI sederhana dan user friendly, dan itu menawarkan beberapa fitur yang lebih simple dibanding ApkTool. ApkTool sepertinya lebih berguna digunakan untuk modifikasi tampilan aplikasi system seperti status bar dan lainnya. Tetapi Keduanya fantastis, dan benar-benar sangat membantu untuk theming dan decompiling aplikasi.
Untuk posting selanjutnya akan saya beritahu cara membongkar aplikasi android lewat apktool.

⚫ Text Editor
Anda akan menggunakan ini sepanjang waktu. Mengedit file seperti XMLs decompile hal ini sangat mudah.
Anda akan menggunakan ini setiap kali Anda melakukan XML. Sebenarnya text editor ini hanya akan digunan untuk ApkTool. Karena di ApkEditor sudah tertanam editor xml. Beberapa saran aplikasi editor text: Jota Text Editor, Text editor dari MengTong File Manager, Text Editor dari Root Explorer.


⚫ Pengedit Gambar
Pengedit gambar digunakan untuk mengubah beberapa gambar didalam aplikasi, atau untuk membuat icon aplikasi baru. Beberapa saran aplikasi editor gambar antara lain: PicSay Pro, Photoshop Mobile, PicsArt.

⚫ Pembaca Log Error
Dalam memodifikasi aplikasi android pasti akan ada saat dimana kita salah mengedit kode atau terjadi kesalahan lain, dan akan menyebabkan aplikasi hasil mod menjadi fc atau force close. Aplikasi ini akan membaca penyebab error. Biasanya kegiatan membaca error di sebut Log-Cat. Mungkin hal ini untuk orang yang sudah sedikit mahir saja. Suatu saat saya akan memberikan cara membaca Log-Cat.


Sepertinya masih ada hal dasar lain yang harus dipahami, tetapi karena keterbatasan ilmu dari admin CaraXda, masih belum bisa menambahkannya lagi. Blog CaraXda akan memberikan update tentang cara memodifikasi android hingga anda sedikit bisa. Sebenarnya saya admin CaraXda juga masih berstatus newbie, yang hanya bisa memodif melalui guide yang sudah ada, namun saya berusaha membagikan sedikit ilmu agar sedikit tahu tentang mod hp android. Jangan sungkan untuk bertanya, saya akan menjawab semampu saya, tapi bila saya tidak bisa menjawab mungkin saya akan tanyakan ke Yang lebih tahu. Selalu kunjungi CaraXda untuk pengetahuan lainnya.
Share:

Related Post:

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Keren bang kalo bisa di kasih tutorial lewat video

Fian assan mengatakan...

keren kunjung balik apk buatan ane yang mod duniaandroid25.blogspot.com

Search

Info

Disini saya tidak ada maksud untuk sombong, sok pinter, menggurui, atau menghina. Dan bila terdapat kesalahan mohon dimaklumi. Saya hanya orang biasa yang sedikit tahu dan ingin membagikan sedikit ilmu.

Kategori